Pola Gerakan Tidak Sadar Adalah Akar Penyebab Sindrom Terowongan Karpal

Salah satu pilar penting kesehatan fisik adalah gerakan yang tepat. Dan yang saya maksud adalah Anda bergerak dan menggunakan tubuh Anda dengan cara yang mendukung kekuatan yang melekat pada struktur tubuh yang selaras dan seimbang. Sakit punggung dan tubuh, misalnya, biasanya disebabkan oleh pola gerakan yang tidak disadari. Seringkali “penyebab” yang paling jelas dan terakhir terjadi saat cedera. Pola gerakan kebiasaan seseorang selama bertahun-tahun atau seumur hidup menciptakan titik-titik kuat dan lemah dalam tubuh dan setelah itu cedera hanya menunggu untuk terjadi.

Ini benar-benar kuat karena apa yang saya katakan di sini adalah bahwa pada dasarnya kita semua tidak menyadari sampai batas tertentu bagaimana kita bergerak dan menggunakan tubuh kita dan sering kali, sebagian besar waktu, ini secara langsung memengaruhi perasaan kita dan juga perasaan kita. mempengaruhi struktur tubuh kita sendiri.

Anda tahu Anda pernah mendengar pepatah “bentuk sama dengan fungsi” kan? Nah, di dalam tubuh manusia ada benarnya pepatah itu karena bentuk memang mendikte fungsi. Tetapi bentuk juga ditentukan oleh fungsi. Ini adalah hubungan timbal balik dengan loop umpan balik. Tubuh akan menyesuaikan dengan cara Anda menggunakannya. Dan, seiring waktu, itu akan mengubah strukturnya untuk mengakomodasi pola penggunaan dengan lebih baik (dan berhenti mengakomodasi pola non-penggunaan). Inilah sebabnya mengapa ketika Anda mencoba melakukan sesuatu pada tingkat yang pernah Anda lakukan semasa muda, Anda tidak mampu dan sering terluka. Bukannya tubuhmu tidak mampu, itu adalah tubuhmu telah berubah dari pola baru yang kamu masukkan ke dalamnya sejak kamu masih muda! Jadi tubuh Anda tidak lagi diatur secara neurologis atau otot, untuk jenis ini sekarang gerakan asing dan hal yang Anda coba lakukan sebagai pejuang akhir pekan dan terluka lakukan, cukup berikan stres ke tempat yang sudah lemah.

Seringkali klien datang kepada saya dengan mengatakan, gejala carpal tunnel syndrome- rasa terbakar, rasa sakit yang menusuk di pergelangan tangan mereka, tumit tangan mereka, lengan depan, dll. Mereka bengkak, semua meradang, dan karena ini mereka menjadi lemah dan tidak mampu melakukan tugas yang paling dasar sekalipun dengan tangan dan lengan mereka karena bengkak dan nyeri. Versi lain yang lebih halus dari ini adalah orang-orang yang mulai merasakan kesemutan di tangan mereka (atau linu panggul dan kesemutan di kaki dalam hal ini). Seperti yang banyak terjadi di negara-negara pelopor GNB.

Apa yang telah terjadi adalah bahwa selama bertahun-tahun (biasanya) orang-orang ini mengetik di komputer atau tugas berulang, menggerakkan jari mereka dengan cepat, sambil menahan seluruh tubuh mereka di tempat tanpa gerakan. Ini menciptakan pola gerakan dalam tubuh dan setelah beberapa saat menjadi tidak sadar – yaitu mereka melakukannya tanpa berpikir, tanpa sadar. Pola penggunaan ini membawa mereka ke masalah (carpal tunnel, linu panggul, sakit punggung, keseleo pergelangan kaki, dll.) Namun ketika mereka sampai pada rasa sakit, mereka tidak menyadari bahwa seluruh struktur mereka telah berubah selama bertahun-tahun untuk mengakomodasi non-terpadu yang terspesialisasi. gerakan mengetik (atau gerakan apa pun). Jadi, pada intinya, pola gerakan sekarang memperkuat masalah, karena, Anda lihat, meskipun mereka tidak sedang mengetik, pola penahannya tetap ada, bahu yang berguling ke depan, dukungan yang roboh di tulang belakang lumbar, dll.

Pola ini sebenarnya menyebabkan gejala mereka menjadi lebih buruk dan pengobatan konvensional hanya mengobati gejala tetapi mengabaikan akar penyebabnya yaitu pola gerakan dan menahan yang tidak disadari! (di terowongan karpal ini melibatkan operasi pergelangan tangan, linu panggul mungkin menggunakan operasi cakram, dll.) Jadi pesan moral dari cerita ini adalah untuk menyadari gerakan Anda dan bagaimana hal itu secara langsung mempengaruhi tubuh Anda. Sadari pola pegangan Anda sendiri. Dan cara melakukannya adalah dengan melatih diri Anda untuk benar-benar merasakan di tubuh Anda … untuk benar-benar merasakan pola pegangan dan pola gerakan. Ada banyak cara untuk melakukannya. Anda dapat bermeditasi dan kemudian bergerak, atau mempelajari sesuatu seperti yoga atau tai chi atau teknik Alexander, atau memfilmkan diri Anda dan menganalisis gerakan tersebut, tetapi cara terbaik adalah dengan menyewa seorang guru untuk membantu Anda menemukan dan mengembangkan, dalam potongan seukuran gigitan, keterampilan kesadaran tubuh, kesadaran kinestetik. Ini penting untuk benar-benar mendapatkan kendali penuh dan menguasai tubuh dan kesehatan fisik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *