Ikuti 7 Metode Gampang Pendaftaran Merek Dagang Anda

Merk jadi nilai spesial yang tidak bisa dipisahkan dari dunia usaha, serta membagikan suatu citra tertentu terhadap sesuatu benda ataupun jasa yang diperjual belikan. Di Indonesia merk diatur dalam Undang- Undang No 20 Tahun 2016 tentang Merk serta Gejala Geografis. Dalam Undang- Undang Merk dipaparkan kalau merk merupakan ciri yang bisa ditampilkan secara grafis berbentuk foto, logo, nama, kata, huruf, angka, lapisan warna, dalam wujud 2 ataupun 3 ukuran, suara, hologram, ataupun campuran dari 2 ataupun lebih faktor tersebut. Perihal ini bertujuan buat membedakan benda serta jasa yang dibuat oleh orang ataupun tubuh hukum dalam aktivitas perdagangan benda serta jasa. Sehingga hak merk ini hendak dipegang oleh perseorangan maupun tubuh hukum.

Banyaknya pengusaha yang bergerak dibidang dagang maupun jasa, pemakaian merk merupakan perihal yang sangat berarti, sebab itu apabila merk tidak didaftarkan merupakan perihal yang sangat riskan untuk pengusaha. Hendak namun sebagian besar para pengusaha di Indonesia paling utama? para pengusaha yang baru merintis usahanya enggan buat mendaftarkan mereknya disebabkan proses pendaftarannya yang dikira rumit serta terbentu pada permasalahan bayaran pendaftaran merek .

Tetapi dikala ini, mestinya para pengusaha saat ini telah dapat lebih tenang, sebab pendaftarannya telah tidak susah buat didaftarkan.

Bila Kamu mau mendaftarkan merk dagang yang Kamu pakai, berikut langkah yang wajib Kamu jalani:

Tentukan merk yang hendak di daftarkan serta yakinkan merk tersebut belum didaftarkan oleh pihak lain. Buat menelusuri status pendaftarannya kamu dapat melihatnya disini pendaftaran merek .

Setelah itu langkah berikutnya merupakan kunjungi web ini serta pahami metode mendaftarkan merk pada web tersebut.

Sehabis itu, Kamu harus mengisi formulir registrasi merk, dengan metode unduh formulir registrasi.

Formuilir permohonan merk yang sudah di unduh, setelah itu diprint? serta dilampiri dengan label Merk, dan fakta pembayaran bayaran yang telah ditandatangani Pemohon. Berikutnya Kamu kirimkan dokumen tersebut kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Tadinya, tahu dahulu mengenali rincian Bayaran Permohonan registrasi Merk yang wajib dibayarkan. Kamu bisa mengetahuinya Syarat bayaran registrasi merk.

Apabila formulir telah dikirim, sangat lelet 15 hari sehabis dokumen Kamu diterima, permohonan hendak diumumkan dalam Kabar Formal Merk.

Sehabis pengumuman, pemohon bisa mengajukan keberatan bila merk yang dimohonkan tidak bisa didaftar ataupun ditolak pendaftarannya.

Baca Juga : Gempa Hari Ini: Meter 5, 2 Guncang Lampung Tidak Berpotensi Tsunami

Gampang bukan! Kemudahan tersebut diharapkan bisa menolong para pengusaha terlebih spesial para pengusaha yang baru buat mendaftarkan mereknya. Tidak cuma itu saja, registrasi hak atas merk pula bisa membagikan proteksi hukum untuk para pemegang hak atas merk apabila dikemudian hari terjalin sesuatu sengketa merk.

Nah, mengapa tidak langsung saja membuat registrasi merk kalian ke Departemen Hukum serta HAM. Masih bimbang triknya? Jangan khawatir, ICJR Learning Hub membuat workshop daring buat buat memandu kalian hingga dapat mendaftarkan merk dagang kalian sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *